Sabtu, 25 September 2010

Penjelasan sistem informasi manajement

1.1 PENDAHULUAN

SIM berarti sebuah sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang pempunyai tujuan yang sama, Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya.
SIM biasa di lakukan di dalam sebuah perusahaan, karena di dalam perusahaan sudah wajib menggunakan SIM, agar produktivitas bisa berjalan lancar dan meningkat.
Adapun beberapa fungsi SIM, yang di butuhkan oleh perusahaan:
• Pencarian data
• Penginformasian data kepada user (dapat berupa report text, dalam bentuk tabel, atau dalam bentuk grafik)
• Penyimpanan data

Pada era sekarang, hampir setiap perusahaan menggunakan SIM. Karena cara kerja yang praktis dan lebih cepat, memberi keuntungan dalam sebuah perusahaan.




1.2 TINJAUAN PUSTAKA
Kutipan:
”Sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.” C.W. Churchman.
”SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi .“ Kroenke, David, 1989.
“SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.” Mc. Leod, 1995.
“SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi yag akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian.” Stoner, 1996.
“Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.” L. James Havery.
“Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.” John Mc Manama.
“Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.” J.C. Hinggins

“Menurutnya sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.” Edgar F Huse dan James L. Bowdict

1.3 PEMBAHASAN

DEFINISI SIM
SIM kepanjangan dari SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, yang berarti sebuah sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang pempunyai tujuan yang sama, Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya.
Adapun beberapa penjelasan tentang SIM, di antaranya:
1. SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989)
2. SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995)
3. SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi yag akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996)


Penjelasan SISTEM menurut para ahli:
1. L. James Havery
Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
2. John Mc Manama
Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.
3. C.W. Churchman.
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.
4. J.C. Hinggins
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.
5. Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Menurutnya sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.

Dengan adanya penjelasan dari para ahli, berarti kita bisa mengerti apa yang di maksud dengan sistem. Apabila kita sudah mengerti tentang system itu sendiri, itu berarti kita bisa mempraktekan di kehidupan kita sehari-hari.


Menurut “Marry Parker Follet” :
“MANAJEMEN SEBAGAI SENI DALAM MENYELESAIKAN PEKERJAAN MELALUI ORANG LAIN”.
Menurut James A.F. Stonner :
“MANAJEMEN ADALAH PROSES PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGARAHAN DANPENGAWASAN USAHA-USAHA PARA ANGGOTA ORGANISASI DAN PENGGUNAAN SUMBER-SUMBER DAYA ORGANISASI LAINNYA AGAR MENCAPAI TUJUAN ORGANISASI YANG DITETAPKAN”.

Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
• Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
• Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
• Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Beberapa kegunaan/fungsi SIM, sebagai berikut:

1. Memberikan informasi secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tampa harus melalui perantara system informai.
2. Menjamin tersedianya kualitas dan ketermpilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
4. Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia.
5. Sim untuk pendukung pengambilan keputusan sebuah system keputusan.

Adapun beberapa fungsi yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, diantaranya :
• Pencarian data
• Penginformasian data kepada user (dapat berupa report text, dalam bentuk tabel, atau dalam bentuk grafik)
• Penyimpanan data

Dengan adanya SIM, perusahaan mengharapkan suatu system yang bisa bekerja secara cepat dan akurat. Agar produktivitas kerja bisa meningkat. Tetapi jangan sampai dengan adanya sistem tersebut malah menimbulkan masalah dalam sebuah perusahaan.

Fungsi SIM dalam dalam bidang komunikasi:

1. Mengumpulkan sebuah informasi.
2. Mengolah informasi.
3. Menyebarkan informasi.
4. Menyimpan informasi.
5. Mengambil keputusan.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen:
• Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
• Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
• Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan


1.4 PENUTUP

Kesimpulannya adalah, apabila kita menggunakan sistem informasi manajement dapat mempermudah dalam berkomunikasi. Dan bisa meningkatkan produktivitas kerja.
Saran
Jangan sampai sistem informasi manajement di salah gunakan, dan harus di manfaatkan sebaik mungkin.
1.5 REFERENSI

http://mas-devid.blogspot.com/2009/02/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html
http://yoyoke.web.ugm.ac.id/download/sim.pdf
http://www.gudangmateri.com/2010/07/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html
http://ivaninternisti.wordpress.com/2010/01/18/pengertian-sistem-informasi-manajemen-sim/
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=251%3Asistem-informasi-manajemen&option=com_content&Itemid=15

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/definisi-dan-fungsi-sistem-informasi-manajemen-dalam-bidang-komunikasi/

http://www.creativebrain.web.id/media.php?action=readnews&id=84&title=Pengertian%20Sistem%20Menurut%20Para%20Ahli#ixzz10e3NnNMw
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi_Manajemen
http://bpadjogja.info/file/6d2b8773255223e9c35830757220eb45.pdf
http://romi608.wordpress.com/2009/04/15/sistem-informasi-manajemen/

Baca Artikel Selanjutnya



7 komentar:

  1. Kakak, mau nannya Donk??? SIM itu Bukannya Surat Ijin Mengemudi yah??? loh Klo Ini tuh SIM ap??? koq aku bingung yah ad SIM jg Di komputer?? tolong Jelasin Sdkit lg donk kk, biar dikit tp Jelas :D

    BalasHapus
  2. ade,, skrng kn add goggle..
    mndingan cari d goggle ajj..
    kn bsa lbih lenkap..^^

    BalasHapus
  3. Yah Saya malah Tambah Bingung kak klo cari Di google, kaka kan dah nulis tuh dari atas smpai bwah, Minta rangkumannya dikitt aj kak, apa sih Itu SIM dlm Dunia komputer??? :D

    BalasHapus
  4. eemmmm,, kasih tau ga yaa...
    jadi SIM itu.. sistem informasi management.. he

    BalasHapus
  5. Jiahhhh...
    ahahha, Oke deh kakak, Makasi yah, Jawabannya Singkat Padat dan Jelas sekali!! wahh, jadi SIM itu Sistem Informasi Management yah?? Baru tahuu saya, oke deh Makasi yah kk, jadi pngen lebih memperdalam ilmu Komputer ahh, hahahah

    BalasHapus
  6. misi neng..

    abang mao bertanya nih..
    takutnya kalo misalnya malu bertanya nanti malah sesat dizebracross lagi..
    hehehe..

    hmmm...
    SIM itu seperti kita ketahui memang banyak sekali definisinya terutama dari para ahlinyaa...

    menurut neng,,definisi yg mana nih yg paling cocok dengan kegiatan SIM dijaman era modern seperti sekarang ini..??

    sebutkan juga siapa orang yg mendefinisikannya...??

    thx neng..
    abang tunggu jawabannya yah..:))

    hehehe..

    c u..:)

    BalasHapus
  7. klo menut neng, definisi SIM menurut Mc.Leod.1995.
    karena jaman sekang SIM di pakai dalam sebuah perusahaan. begitu bang,, itu ci menurut eneng..
    hehhee

    BalasHapus

 

Shantii Widya Kusuma Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by faris vio Templates Image by vio's Notez