Sabtu, 27 November 2010

KOMUNIKASI DATA DAN KEAMANAN SISTEM INFORMASI SERTA PENGENDALIAN DALAM PENGEMBANGAN SISTEM

1.1 PENDAHULUAN

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet.
Fungsi sistem komunikasi data:
 Harus dapat memberikan informasi kepada orang yang tepat pula.
 Sistem komunikasi data harus memperoleh data bisnis sementara data tersebut dibuat.
 Sistem komunikasi data memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografis berlainan dapat saling berkomunikasi.
Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:
 Melalui Infrastruktur Terestrial.
 Melalui Satelit.

1.2 TINJAUAN PUSTAKA
“Ilmu komunikasi adalah suatu pengamatan terhadap produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang.” Berger & Chafee (1987)
“Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).” Hovland, Janis & Kelley:1953
“Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.” Berelson dan Stainer, 1964
“Sistem Informasi adalah informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.” Robert dalam Jogiyanto (2000)

1.3 PEMBAHASAN
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet.
(Pengertian Dan Sejarah Jaringan Komunikasi Data) – Pertama kali komputer ditemukan, ia belum bisa berkomunikasi dengan sesamanya. Pada saat itu komputer masih sangat sederhana. Berkat kemajuan teknologi di bidangelektronika, komputer mulai berkembang pesat dan semakin dirasakna manfaatnyadalam kehidupan kita. Saat ini komputer sudah menjamur di mana-mana. Komputertidak hanya dimonopoli oleh perusahaan-perusahaan, universitas-univeristas,atau lembaga-lembaga lainnya, tetapi sekarang komputer sudah dapat dimilikisecara pribadi seperti layaknya kita memiliki radio, dll.
Mengenai hal itu Berger & Chafee (1987) menyatakan bahwa Ilmu komunikasi adalah suatu pengamatan terhadap produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang.
Pengertian komunikasi menurut para ahli:
Hovland, Janis & Kelley:1953
Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).
Berelson dan Stainer, 1964
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.
Berelson dan Stainer, 1964
Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:
 Melalui Infrastruktur Terestrial
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
 Melalui Satelit
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

Fungsi sistem komunikasi data:
 Harus dapat memberikan informasi kepada orang yang tepat pula.
 Sistem komunikasi data harus memperoleh data bisnis sementara data tersebut dibuat.
 Sistem komunikasi data memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografis berlainan dapat saling berkomunikasi.
Komponen dasar sistem komunikasi data.
Sistem komunikasi data dapat dibagi menjadi tiga komponen utama:
 Sumber komunikasi.
 Media komunikasi.
 Penerima (kadang-kadang disebut sink atau host).
Sistem Informasi menurut Robert dalam Jogiyanto (2000) adalah informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
Keamanan sistem informasi adalah segala betuk mekanisme yang harus dijalankan dalam sebuah sistem yang ditujukan akan sistem tersebut terhindar dari segala ancaman yang membahayakan yang pada hal ini keamanannya melingkupi keamanan data atau informasinya ataupun pelaku sistem (user).
Adapun kriteria yag perlu di perhatikan dalam masalah keamanan sistem informasi membutuhkan 10 domain keamanan yang perlu di perhatikan yaitu :
 Akses kontrol sistem yang digunakan.
 Telekomunikasi dan jaringan yang dipakai.
 Manajemen praktis yang di pakai.
 Pengembangan sistem aplikasi yang digunakan.
 Cryptographs yang diterapkan.
 Arsitektur dari sistem informasi yang diterapkan.
 Pengoperasian yang ada.
 Busineess Continuity Plan (BCP) dan Disaster Recovery Plan (DRP).
 Kebutuhan Hukum, bentuk investigasi dan kode etik yang diterapkan.
 Tata letak fisik dari sistem yang ada.
Prinsip-prinsip pengembangan sistem, adalah :
 Sistem yang dikembangkan adalah untuk manajemen.
 Sistem yang dikembangkan adalah investasi modal yang besar.
 Sistem yang dikembangkan memerlukan orang yang terdidik.
 Tahapan kerja dan tugas-tugas yang baru dilakukan dalam proses pengembangan sistem.
 Proses pengembangan sistem tidak harus urut.
 Jangan takut membatalkan proyek.
 Dokumentasi harus ada untuk pedoman dalam pengembangan system.

1.4 PENUTUP
Kesimpulannya adalah alat komunikasi saat ini sudah maju pesat, oleh Karen itu mempelajari keamanan sistem informasi sangat penting dalam mempergunakan alat komunikasi.
Saran
Pergunakan lah alat komunikasi sebaik mungkin, supaya tidak ada kesalahan dalam pemakaiannya.

1.5 REFERENSI
http://blog.re.or.id/pengertian-sistem-informasi.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data
http://teknik-informatika.com/komunikasi-data/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/penjelasan-komunikasi-data/
http://www.tsk09a.co.cc/2010/03/pengertian-komunikasi-data-dan.html
http://my.opera.com/idoc/blog/show.dml/1652553
http://www.g-excess.com/id/pengertian-dan-sejarah-jaringan-komunikasi-data.html
http://kuliah.dagdigdug.com/2008/04/22/pengertian-mengenai-ilmu-dan-teori-komunikasi/
http://meiliemma.wordpress.com/2006/10/17/definisi-komunikasi/
http://ovgust.blogspot.com/2009/12/keamanan-sitem-informasi-i.html

Baca Artikel Selanjutnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Shantii Widya Kusuma Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by faris vio Templates Image by vio's Notez