Elektronik data interchange (EDI) adalah transmisi data terstruktur antara organisasi dengan cara elektronik. Hal ini digunakan untuk mentransfer dokumen elektronik atau data bisnis dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain, yaitu dari satu mitra dagang yang lain mitra dagang tanpa campur tangan manusia.
Tujuan utama dalam pemakaian EDI adalah agar teknologi ini dapat membantu para pelaku bisnis dokumennya dengan pihak lain lebih cepat, akurat dan lebih efisien.
IOS (Interorganizational System/Sistem Antar-Organisasi), atau disebut system informasi antar-organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu system tunggal; mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
1.2 TINJAUAN PUSTAKA
”EDI sebagai pertukaran informasi bisnis secara elektronik dari komputer ke komputer, dalam format terstruktur, dan dilakukan diantara partner bisnis.” Ferguson et al (1990).
“EDI sebagai cara komunikasi atau pertukaran transaksi bisnis standar diantara dua pihak atau lebih dengan menggunakan media komputer di satu pihak ke komputer lain pada pihak lain.” Laudon, (1991).
“EDI adalah pertukaran informasi bisnis secara elektronik dari komputer ke komputer,
dalam format terstruktur, dan dilakukan diantara partner bisnis.” Ferguson et. al (1990).
1.3 PEMBAHASAN
ELEKTRONIC DATA INTERCHANGE (EID)
Elektronik data interchange (EDI) adalah transmisi data terstruktur antara organisasi dengan cara elektronik. Hal ini digunakan untuk mentransfer dokumen elektronik atau data bisnis dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain, yaitu dari satu mitra dagang yang lain mitra dagang tanpa campur tangan manusia.
Adapun beberapa pengertian EID menurut para ahli:
Ferguson et al (1990) mendefinisikan EDI sebagai pertukaran informasi bisnis secara elektronik dari komputer ke komputer, dalam format terstruktur, dan dilakukan diantara partner bisnis.
Laudon, (1991) mengemukakan bahwa EDI sebagai cara komunikasi atau pertukaran transaksi bisnis standar diantara dua pihak atau lebih dengan menggunakan media komputer di satu pihak ke komputer lain pada pihak lain.
Ferguson et. al (1990), EDI adalah pertukaran informasi bisnis secara elektronik dari komputer ke komputer, dalam format terstruktur, dan dilakukan diantara partner bisnis.
Tujuan utama dari pemakaian teknologi EDI, sebenarnya adalah agar teknologi ini dapat membantu para pelaku bisnis mengkomunikasikan dokumennya dengan pihak lain lebih cepat, akurat dan lebih efisien karena sifatnya yang dapat mengeliminir kesalahan yang diakibatkan proses re-entry dan dapat mengurangi pemakaian kertas, komunikasi dan biaya-biaya lain yang timbul pada metode konvensional sehingga diharapkan dapat menekan biaya-biaya yang tidak diperlukan dan diharapkan dapat meningkatkan laba kepada pemakainya.
Beberapa keuntungan EDI:
Menurunkan siklus waktu.
Manajemen Inventory lebih baik.
Meningkatkan produktifitas.
Meningkatkan layanan konsumen.
Meminimal penggunaan kertas dan media penyimpan.
Meningkatkan aliran keuangan.
Kelebihan/keutamaan EDI
Revenue Stream yang baru.
Meningkatkan market (exposure).
Menurunkan biaya operational (operational cost).
Memperpendek waktu,automatic.
Mengurangi informasi data yang mengembang.
Meningkatkan supplier management.
Melebarkan jangkawan (global reach).
Meningkatkan customer loyality (customer service).
Meningkatkan value chain.
Kelemahan EDI adalah implementasinya yang sangat spesifik dan tertutup sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Componen dasar EDI
Hub (pihak yang memberikan perintah).
Spoke (pihak yang menerima perintah).
Computer (sebagai electronic hardware).
Electronic software.
INFORMATION ORGANISATION SISTEM (IOS)
IOS (Interorganizational System/Sistem Antar-Organisasi), atau disebut system informasi antar-organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu system tunggal; mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat IOS terbagi kedalam dua kategori yaitu efisiensi komparatif dan kekuatan tawar-menawar:
Efisiensi Komparatif : Dengan bergabung Dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka.
Kekuatan Tawar-menawar : Kemampuan sutu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining power). Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar dengan menawarkan keistimewaan produk yang unik, dengan mengurangi biaya yang berhubungan dengan pencarian, dan dengan meningkatkan biaya peralihan .
1.4 PENUTUP
Kesimpulannya adalah EDI dan IOS sangat di perlukan oleh sebuah perusahaan untuk mengkomunikasikan dokumennya dengan pihak lain agar berjalan lebih cepat, akurat dan lebih efisien.
Saran
Pergunakanlah sistem ini dengan baik, walaupun terdapat kekurangan dalam sistem ini, tetapi harus bisa memberi manfaat yang banyak untuk para pemakai.
1.5 REFERENSI
http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_Data_Interchange
http://www.total.or.id/info.php?kk=Electronic%20Data%20Interchange
http://blog.unila.ac.id/nurul170389/2009/03/14/elektronik-data-interchange/
http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/idei/article/viewFile/18014/17929
http://www.edi-indonesia.co.id/new/indexisi.asp?idpage=13
http://hadianyana.wordpress.com/2009/11/16/edi-electronic-data-interchange/
http://www.indoclass.com/per_kontribusi_member.php?kont=102
http://masbudiyono.files.wordpress.com/2009/03/09-ios-dan-gis.pdf
http://puzies.blogspot.com/2010/02/irm.html
http://prandiricosecretcode.blogspot.com/2009/12/sistem-antar-organisasi-ios.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar