Kamis, 28 Oktober 2010

TEKNOLOGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK

1.1 PENDAHULUAN
Perdangan melalui jaringan elektronik adalah sebagai pengguna komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan.
Keuntungan Perdagangan Elektronik Antara Lain Perusahaan Dapat Menjangkau Pasar Lebih Luas Karena Pembeli Yang Mengakses Internet Tidak Dibatasi Tempat Dan Waktu Perusahaan Tidak Perlu Membuka Cabang Distribusi.
Manfaat dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
 Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
 Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
 Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat.


1.2 TINJAUAN PUSTAKA
”Komunikasi data adalah bidang komputasi yang sedang mendapatkan perhatian penting besar, dengan internet dalam sorotan. Internet membuka berbagai peluang baru dihampir semua perusahaan-perusahaan yang ingin membangun sistem antar organisasi dengan menggunakan EDI, beberapa teknologi juga dapat dipertimbangkan.” Raymond Mcleod [Sistem Informasi Manajemen, 2001, 72].
1.3 PEMBAHASAN
Perdangan melalui jaringan elektronik adalah sebagai pengguna komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan.
Perdagangan melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :
1. Business-to-Customer (B2C)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
2. Business-to-Business (B2B)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.
Keuntungan Perdagangan Elektronik Antara Lain Perusahaan Dapat Menjangkau Pasar Lebih Luas Karena Pembeli Yang Mengakses Internet Tidak Dibatasi Tempat Dan Waktu Perusahaan Tidak Perlu Membuka Cabang Distribusi.
Manfaat dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
 Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
 Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
 Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat.
Kendala dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
 Biaya Tinggi.
 Masalah Keamanan.
 Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.

Pada Masa Sekarang Dimana Pada Masa Ini Teknologi Sudah Semakin Berkembang Segala Macam Bentuk Teknologi Ada Pada Masa Ini Di Masa Ini Orang Orang Dapat Melakukan Sesuatu Dengan Instan Contohnya Adalah ECommerce Ecommerce Atau Bisa Disebut Perdagangan Elektronik Atau Edagang Adalah Penyebaran Pembelian Penjualan Pemasaran Barang Dan Jasa Melalui Sistem Elektronik Seperti Internet Atau Televisi

Awalnya, aplikasi itu dikhususkan untuk mengumpulkan informasi tentang pesaing perusahaan, sehingga tercipta intelijen kompetitif. Bila didefinisikan lebih luas untuk mencakup informasi disemua elemen lingkungan, istilah yang tepat adalah intelejen bisnis. Informasi yang menjelaskan elemen-elemen dalam lingkungan perusahaan dinamakan intelijen. Intelijen kompetitif melibatkan lima tugas dasar yaitu:
1. Mengumpulkan Data
Perusahaan dapat memperoleh data primer atau data sekunder. Data primer dikumpulkan oleh perusahaan. Data sekunder dikumpulkan oleh orang lain yang disediakan perusahaan.
2. Mengevaluasi Data
Semua data, sekunder maupun primer, harus dievaluasi sebelum digunakan untuk memastikan akurasinya.
3. Menganalisa Data
Data jarang mengungkapkan keseluruhan cerita. Biasanya kesenjangan perlu diisi. Istilah pemikiran lateral (Lateral Thinking) menjelaskan bagaimana meneliti data dari berbagai sudut, ,mencari berbagai pola.
4. Menyimpan Intelijen
Jika intelejen dibeli dalam bentuk yang dapat dibaca mesin, seperti CD-ROM atau jika tersedia secara online, pencatatan kedalam komputer bukanlah suatu masalah. Namun, jika intelijen ada dalam bentuk tercetak, itu harus dimasukan melalui Optical Charater Recognition (OCR) atau dengan mengetik. Setelah berada dikomputer, intelijen itu harus disimpan sedemikian rupa sehingga memudahkan pengambilan kembali.
5. Menyebarkan Intelijen.
Setelah berada dalam penyimpanan komputer, teks dokumen atau ringkasannya diambil kembali dengan memasukan parameter pencarian tertentu, seperti nama perusahaan, tanggal, nama publikasi dan nama pengarang.
Ada tiga pilihan teknologi utama:
 Sambungan langsung (Direct Connectivity)
Perusahaan dapat membentuk kaitan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia jasa komunikasi umum.
 Jaringan bernilai tambah (Value Added Network)
Disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
 Internet
Internet memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan. Sebagian besar kebangkitan perdagangan melalui jaringan elektronik diharapkan berasal dari perusahaan-perusahaan yang akan mempromosikan dan dalam beberapa kasus mengirimkan produk mereka melaui internet.

1.4 PENUTUP
Kesimpulannya adalah bahwa Perdangan melalui jaringan elektronik adalah sebagai pengguna komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan.
Saran
Penggunaan sistem yang baik, bisa menimbulkan hasil yang baik pula. Sudah seharusnya kita mempergunakan sistem dengan cara yang baik.
1.5 REFERENSI
http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_8619/title_e-commerce-perdagangan-melalui-jaringan/
http://nanienuneno.blogspot.com/2010/01/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html
http://blog.xtraboss.com/search/teknologi+perdagangan+melalui+jaringan+elektronik+saat+ini
http://azwarmuamar.blogspot.com/2010/10/e-business.html
http://karlenaindriani.wordpress.com/category/makalah-pribadi/teknologi-informasi-untuk-perdagangan-melalui-jaringan-elektronika/
http://ely-rosnita.blogspot.com/2010/07/papper-sistem-informasi-manajemen.html
http://freeebook.info/search/dampak_perdagangan_elektronik.html
http://iispermatasari.wordpress.com/2010/01/10/22/
http://kibaw90.wordpress.com/2010/01/03/e-commerce/
http://gerudawjarit.blogspot.com/2009/12/menggunakan-teknologi-informasi-dalam.html

Baca Artikel Selanjutnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Shantii Widya Kusuma Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by faris vio Templates Image by vio's Notez