Senin, 02 Januari 2012

Software akuntansi (DAC EASY ACCOUNTING)

DacEasy Accounting adalah adalah satu software komputer untuk akuntansi yang di produksi oleh Sage Software, Inc. Dac Easy accounting merupakan serangkaian modul yang terintegrasi guna mengolah data akuntansi sehingga menghasilkan laporan keuangan.
Dengan DacEasy Accounting pengolahan data akuntansi yang manual relatif tidak diperlukan lagi, karena dapat ditangani dengan cepat dan tepat oleh DacEasy Accounting. DacEasy Accounting & Payroll 95 memiliki berbagai keunggulan baik dari segi fungsi, menu dan modul jika dibandingkan versi- versi sebelumnya.

Kelengkapan fitur
Perkembangan perangkat lunak (software) Akuntansi berbasis komputer yang semakin canggih dan mudah dioperasikan merupakan iklim yang kondusif bagi dunia bisnis yang dinamis. DacEasy Accounting (DEA) buatan DacEasy Inc. -Dallas, Texas AS merupakan program komputer akuntansi yang paling dikenal di Indonesia era tahun 1990-an.

Kelengkapan fasilitas, fleksibilitas dan mudah dioperasikan menjadikan DEA lebih tepat diposisikan sebagai software untuk menjalankan bisnis daripada sekedar software akuntansi. DEA memiliki berbagai keunggulan dibanding software sejenis dimasa itu terutama pada modul Inventory dan berbagai jenis laporan yang sangat mendukung keakuratan data untuk pengambilan keputusan bisnis disektor keuangan.

Pada awalnya dibuat untuk sistem operasi DOS dengan menggunakan bahasa Basic. Mulai versi 2.0 DacEasy Accounting dibuat menggunakan bahasa C dengan tujuan meningkatkan kecepatan program. Inovasi selalu dilakukan oleh Dac Software Inc, untuk memeperbaiki kinerja program dengan mengeluarkan versi terbaru baik dengan sistem operasi DOS maupun Windows. Saat ini sudah beredar DEA versi Indonesia dengan sistem operasi DOS yang telah disesuaikan dengan kondisi seperti penambahan digit dan modul dalam bahasa Indonesia.

Perkembangan DEA dengan sistem operasi windows dimulai pada tahun 1993 (versi 1) dengan nama DacEasy Accounting for Windows. DEA versi 1 diperbaharui dengan mengeluarkan versi 2, disusul kemudian versi 3 yang dikenal dengan sebutan DacEasy Accounting & Payroll 95, kemudian versi 4 yang dikenal dengan DacEasy Accounting & Payroll 97 yang dikeluarkan tahun 1997.

1. Jurnal Pembelian
Jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang dagang atau aktiva lain secara kredit.

2. Jurnal Pengeluaran Kas
Jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua transaksi dimana perusahaan mengeluarkan uang secara tunai. ( cek, giro pos, giro bilyet, wesel pos, traveler check)

3. Jurnal Penjualan
Jurnal khusus yang digunakanuntuk mencatat penjualan barang dagang secara kredit

4. Jurnal Penerimaan Kas
Jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi dimana perusahaan menerima uang secara tunai. (cek, giro pos, giro bilyet, wesel pos, traveler check).
Siklus Akuntansi
Siklus akuntansi adalah suatu proses penyediaan laporan keuangan
perusahaan untuk suatu periode waktu tertentu. Siklus ini dimulai dari terjadinya
transaksi, sampai penyiapan laporan keuangan pada akhir suatu periode. Ditinjau dari segi waktu siklus akuntansi dapat dikelompokkan ke dalam dua tahap, sebagai berikut:
1. Tahap pencatatan, yang dilakukan selama periode akuntansi, meliputi pencatatan bukti transaksi, jurnal, dan buku besar.
2. Tahap pengikhtisaran, yang dilakukan pada akhir periode akuntansi, meliputi penyusunan neraca saldo, jurnal penyesuaian, laporan keuangan serta penutupan buku besar.
Adapun modul yang disertakan dalam Dac Easy Accounting adalah sebagai berikut:
1.    Custumer.
2.    Vendors.
3.    Products.
4.    General Ledger.
5.    Purchaise Order.
6.    Invoicing.
7.    Fixed Assets.
8.    Financials.
9.    Report Generator.
10.    Payroll.
11.    Assistant.
12.    LayOut Desaigner.


Menu View
Menu View digunakan untuk menampilkan mudul guna meng-inputkan data-data yang terjadi pada periode akuntansi yang berjalan.
    Penjualan Tunai.
a.    Klik icon invoicing.
b.    Klik icon product invoice.
c.    Klik save.
    Penjualan secara kredit.
a.    Aktifkan modul invoicing.
b.    Klik product invoice.
c.    Klik save.
    Pembelian secara kredit.
a.    Aktifkan modul purchase order.
b.    Klik ikon purchase order entry.
c.    Klik save.
    Transaksi yang tidak lazim.
a.    Aktifkan modul General Ledger.
b.    Klik ikon journals.
c.    Klik save.
    Pembayaran gaji dan upah.
a.    Aktifkan modul bank.
b.    Klik expense check.
c.    Klik save.
    Pembayaran dimuka.
a.    Aktifkan General Ledger.
b.    Klik ikon prepayment.
c.    Klik save.


Referensi:
http://hmjakuntansiunswagati.blogspot.com/2011/04/belajar-dac-easy-accounting.html
http://azurazhea.blogspot.com/2010/10/dac-easy-accounting.html
http://agushusain.wordpress.com/2009/02/16/dac-easy-accounting/

Baca Artikel Selanjutnya



5 komentar:

 

Shantii Widya Kusuma Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by faris vio Templates Image by vio's Notez