Jumat, 21 November 2014

PELAPISAN SOSIAL DAM KESAMAAN DERAJAT

PELAPISAN SOSIAL DAM KESAMAAN DERAJAT

Pengertian

Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial (social stratification) adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat). Definisi sistematik antara lain dikemukakan oleh Pitirim A. Sorokin bahwa pelapisan sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan yang tinggi dan ada lapisan-lapisan di bawahnya. Setiap lapisan tersebut disebut strata sosialP.J. Bouman menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan.
Kesamaan derajat adalah sifat perhubungan antara manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik artinya orang sebagai anggota masyarakat mempunyai  hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat, maupun terhadap pemerintahan negara

Kasus
Masih banyak masyarakat yang membeda-bedakan ras, suku, budaya dan agama. Sehingga menyebabkan kerenggangan antara satu sama lain. Sehingga bisa menyebabkan pertengkaran atau perselisihan antara sesama masyarakat Indonesia.

Analisa
Perbedaan tersebut terjadi karena ketidak percayaan antar sesama manusia, sehingga mereka hanya ingin berkomunikasi dengan yang ber suku atau beragama yang sama.

Solusi
Sesama manusia kita harus mau berkomunikasi dengan siapa pun, supaya terjalin silaturahmi yang baik dan komunikasi yang baik. Agar tidka ada perbedaan dan kesalah pahaman antar sesama manusia.

Referensi

http://cahyamenethil.wordpress.com/2010/11/23/pelapisan-sosial-dan-kesamaan-derajat/

Baca Artikel Selanjutnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Shantii Widya Kusuma Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by faris vio Templates Image by vio's Notez